SMA N 1 Ajibarang Terima Edukasi Keamanan Pangan dari Loka POM Banyumas

20-05-2024 Loka POM di Kabupaten Banyumas Dilihat 36 kali

Banyumas – Sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang keamanan pangan, Loka POM di Kabupaten Banyumas menyelenggarakan edukasi di SMA N 1 Ajibarang pada Jumat, 17 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan program ekstrakurikuler PMR Zaiseinen SMA N 1 Ajibarang bekerja sama dengan Loka POM yang bertujuan untuk membekali generasi muda dengan informasi mengenai praktik keamanan pangan yang benar.

Edukasi diberikan kepada siswa, guru, dan pengelola kantin tentang cara mengenal dan memilih pangan aman serta penggunaan rapid test kit untuk mendeteksi bahan berbahaya dalam pangan. Setelah materi rapid test kit disampaikan, siswa mendapat penjelasan dan demo penggunaan alat tersebut. Dilakukan pengujian terhadap dua sampel pangan yang dibeli dari kantin sekolah dan satu sampel dari Loka POM. Pengujian meliputi uji formalin, boraks, dan rhodamin B. Tiga siswa berpartisipasi aktif dalam pengujian ini. Hasilnya, dua sampel dari kantin menunjukkan hasil negatif, sedangkan sampel dari Loka POM positif mengandung rhodamin B. Di akhir kegiatan, diadakan post-test untuk mengukur pemahaman peserta, yang hasilnya menunjukkan pemahaman yang baik.

Selain itu, diadakan penyuluhan terpisah bagi pengelola kantin tentang pentingnya menjaga kebersihan dan keamanan pangan. Materi penyuluhan meliputi cara penyimpanan bahan makanan yang benar, teknik memasak higienis, dan prosedur sanitasi. Tujuannya adalah memastikan bahwa makanan yang disajikan di kantin aman dan bebas dari cemaran.

Loka POM di Kabupaten Banyumas berharap kegiatan ini meningkatkan kesadaran dan pengetahuan seluruh komunitas sekolah tentang keamanan pangan. Dengan pemahaman yang lebih baik, diharapkan para siswa dapat menjadi agen perubahan dalam menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan sehat. Loka POM juga berharap pengelola kantin terus berkomitmen menyediakan pangan yang aman dan berkualitas. Program edukasi serupa akan terus dilanjutkan di sekolah-sekolah lain di wilayah kerja Loka POM Banyumas untuk memperluas manfaatnya. (BMS-AD)

Sarana